Kategori
 
Produsen
 
Latest News

Benarkah ada Bandwidth Unlimited?

Beberapa perusahaan web hosting menawarkan data transfer yang tidak terbatas … read more

 

Bookmark
 
Keranjang Anda
0 item
 
Live Chat

Telp./Sms. : 0822-1859-2680
PIN BBM: D33E5B34
 

Manfaat Maintenance Website

Mengapa harus ada maintenance website?

Sesungguhnya jasa maintenance website ini diperuntukan bagi instansi/perusahaan yang tidak memiliki staf khusus untuk pemeliharaan website, perorangan atau lembaga yang punya kemampuan tapi tidak memiliki waktu khusus untuk pemeliharaan website, dan perorangan atau lembaga yang tidak mempunyai kemampuan khusus untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan website. Mengapa website harus dimaintenance secara berkala? Website merupakan mesin publikasi digital yang dalam 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu terus menerus bekerja diakses oleh seluruh pengunjung dari seluruh dunia mulai dari satuan, belasan, puluhan, ratusan bahkan ribuan pengunjung tiap harinya. Website ini terdiri atas file-file dan database yang seperti di komputer kita dirumah dapat tidak berfungsi bahkan rusak, apalagi file-file web yang diletakan di komputer server yang berbagi ruang dan jalan akses sudah dipastikan banyak mendapatkan masalah, sehingga jangan heran jika suatu waktu website sulit diakses, loading yang lama, file not found, dihack orang tak bertanggung jawab, untuk itulah maintenance website diperlukan guna melakukan pemeliharaan, perawatan dan perbaikan untuk memastikan seluruh file-file website berfungsi dengan normal sebagimana mestinya.

Tindakan atau Kegiatan Maintenance Website

Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa tujuan utama dari maintenance website adalah agar website selalu dalam keadaan normal dan bekerja sebagaimana mestinya. Untuk itu diperlukan tindakan atau kegiatan maintenance website secara berkala yang meliputi :

  • Backup data (file-file web dan database) secara rutin sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak inginkan dapat segera dipulihkan kembali (direstore).
  • Perawatan dan optimasi file-file website, diperlukan agar website bisa tampil dengan normal dan loading cepat.
  • Pemeriksaan SEF URL dari error loading, diperlukan untuk memastikan tidak ada halaman yang putus saat diketemukan di search engine.
  • Webhosting load balancing and monitoring, meliputi pemeliharaan, perawatan, pemeriksaan dan perbaikan menyeluruh terhadap file-file website, analisis program, seperti awstat, bandwidth monitoring, space monitoring, dll. di tempat hosting.
  • Pemeriksaan keamanan, untuk memastikan file-file web aman tidak ada yang menghack, virus, atau malware.
  • Ping services secara berkala untuk memberi tahu search engine bahwa website sudah diupdate.
  • Input dan update data, agar website selalu up to date.
  • Install atau uninstall fitur, komponen, modul atau plagin website.

Bagi yang memiliki kemampuan dan punya waktu untuk melakukan semua tidakan di atas tentunya tidak masalah, tapi bagimana bagi mereka yang tidak mempunyai kemampuan atau mungkin tidak memiliki waktu cukup untuk melakukan itu semua secara berkala? Untuk diperlukan jasa maintenance website yang akan menghandle seluruh aktivitas pemeliharaan, perawatan, pemeriksaan dan perbaikan terhadap file-file web dan database sehingga website selalu tampil normal dan optimal.

Jika Anda berminat menggunakan jasa maintenance website silahkan klik di sini!